Saturday, October 15, 2011

SURAT LAPORAN
KEGIATAN PAMERAN LOMBA KARYA ILMIAH LIPI

Gedung LIPI Graha Widya lantai satu, Senin, 03 Oktober 2011



























I. Pendahuluan

Pameran Lomba Karya Ilmiah di LIPI
Karya ilmiah adalah suatu karya yang di hasilkan oleh kelompok ilmiah remaja yang melakukan serangkaian kegiatanyang menghasilkan suatu hasil yang disebut karya ilmiah. Karya ilmiah itu sendiri mempunyai arti sebagai suatu karya yang dihasilkan melalui cara berpikir yang menurut kaidah penalaran yang logis, sistematis, rasional dan ada koherensi antar bagian bagiannya. Sebagai suatu kegiatan ekstrakurikuler di tingkatan SLTP, SMU, SMK, Madrasah bahkan Pondok Pesantren, Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) ini merupakan suatu organisasi yang sifatnya terbuka bagi para remaja yang ingin mengembangkan kreativitas, ilmu pengetahuan dan teknologi pada masa kini maupun masa mendatang



 Latar belakang kegiatan.

Pameran Lomba Karya Ilmiah di LIPI
Pameran tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) ke-43, Lomba Karya Ilmiah Guru (LKIG) ke-19, Pemilihan Peneliti Remaja Indonesia (PPRI) ke-10, dan National Young Inventor Award (NYIA) keempat yang diselenggarakan LIPI dan Asuransi Jiwa Bumi Putera 1912.

 maksud dan tujuan kegiatan.

Memotivasi siswa/i memunculkan ide-ide kreatif siswa serta dapat berfikir secara logis, kritis dan kreatif




II. Isi Laporan
a. kegiatan.
Pameran Lomba Karya Ilmiah LIPI

b. Tempat dan waktu kegiatan.
Gedung LIPI Graha Widya lantai satu, Senin, 03 Oktober 2011



c. Peserta kegiatan.

 SMA STELLA DUCE 1 YOGYAKARTA, “GUNTING KUKU 4 IN 1”
oleh: REVI SERVIYANI DINA PERTIWI DAN OLIVIA ADRIAN BUDIANTO

Gunting Kuku 4 In 1 di lengkapi Dengan:
1. Penampung Sisa Guntingan kuku
2. Penghalus/kikir kuku
3. Kuteks
4. Kaca pembesar
Keunggulan:
-Murah
-Mudah dibawa
-Simple dan prakti




 SMK Boedi Oetomo 2 Gandrungmangu, “TINTA HERBAL UNTUK MENGGAMBAR”
oleh: ANGGUN TRIYANI DAN RINA SUPRIYATIN.

Tinta Herbal adalah sebuah tinta warna yang warnanya di ambil dari tumbuhan-tumbuhan alami dan campurannya adalah bahan alami yang aman bagi anak-anak bahkan dapat dikonsumsi. Kuning dihasilkan dari rimpang kunyit, Hijau dari daun papaya, Hitam dari daun urang-aring, Merah dari baun jati, Putih dari umbi singkong, Coklat dari umbi ubi jalar, Oranye dari wortel dan Ungu dari bungga semanggi. Dan jika terus ditelusuri masih banyak lagi bahan tumbuhan yang dapat dijadikan pewarna. Bahan campurannya adalah gliserol/gliserin yang terkenal sebagai bahan pembuat edible film dan gum arab atau bias diganti dengan madu.










 SMA NEGERI BANYUMAS JAWA TENGAH, “PENGOLAHAN LIMBAH PLASTIK MENJADI BAHAN BAKAR MINYAK SEBAGAI ALTERNATIF BARU”
oleh: RUFID AFANI DAN FAUD LITIEF MUSTIFA.

Alat & Bahan:

Alat: 1. Kompor.
2. Tabung pemanas.
3. Gelas penampung.
4. Masker.
5. Sarung tangan.
6. Pendingin (air).

Bahan: 1. Limbah plastic


Manfaat:
Penelitian ini turut berpatisipasi dalam mensukseskan program pemerintah mengatasi pencemaran lingkungan, terutama pencemaran oleh sampah. Karena bahan utama dalam penelitian ini adalah limbah plastik yang merupakan limbah nomor 1 bagi masyarakat. Disamping itu, bahan bakar minyak yang dihasilkan dapat digunakan sebagai alternatif bahan bakar baru, sehingga dapat turut melestarikan sumber daya alam yang sukar diperbaharui.


 SMA TITIAN TERAS “DISIBLE” DISPENSER PORTABEL
Oleh: PRATIWI.

Alat dan Bahan
1. Termos air.
2. Kapur tembok.
3. Tempat alumunium.
4. Pisau cutter.
5. Air secukupnya.
6. Alcohol 70%



Kelebihan:
1. dapat membuat air menjadi dingin atau panas.
2. Tanpa menggunakan bahanbakar dan listrik.
3. Ramah lingkungan.
4. Mudah dibawa.
5. Memiliki nilai ekonomis.


Cara Kerja Alat:

Memanaskan:

Saat tombol penghangat di tekan, kapur dinding yang sudah di tumbuk (dalam bentuk bubuk) memasuku lubang antara bag. Penghangat dan bag reaksi sehingga kapur akan bereaksi dengan air yang telah dimasukan terlebih dahulu di bag. Reaksi pada saat seaksi akan timbul gas yang menyebabkan tekanan dalam bag. Reasi meningkat, hal ini dapat di cegah dengan cara melonggarkan tutup bag. Reaksi yang ditimbulkan akan menjadi panas yang dapat memanaskan air minum di bag. Dalam dan menkonduksikan panas kedalam lapisan bag. Bawah hasil reaksiyangberupa asam karbonat (h2co3) dapat disimpan oleh pengguna lain.


Mendinginkan:

Saat tombol pendingin di tekan, alkhohol di bag. Pendingin dan bag. Reaksi. Alcohol akan bereaksi dengan air yang telah dimasukan sebelumnya di bag dalam akan menjadi dingin dan cara seperti pada saat menghangatkan air, hasil reaksi (alcohol yang lebih encer) dapat dikeluarkan melalui bag,
 SMA BITIK 1 “ MEJA BELAJAR MULTI FUNGSI SEBAGAI FORNITURE ALTERNATIF DI DAERAH PEKOTAAN”
Oleh: ARGADHIA ADITAMA


NO Bahan kegunaan
1 Teak blok serat kayu jati -bahan dasar pintu lemari peralatan multifungsi
-untuk bahan kerangka utama
2 lemkayu -perekat
3 Mur baut - untuk menyambungkan antar bahan
4 Cat plitur -Membuat tampilan meja lebih rapi
5 Engsel -untuk engsel pintu laci
6 Paku -untuk menyambungkan bahan-bahan
7 Handel -untuk pegangan laci
8 Filter -finising
9 Semigloss -finising
10 Amplas -finising
11 Tiner -finising
Kelebihan:

1. Multifungsi
2. Ramah lingkungan
3. Memiliki nilai ekonomis
4. Sederhana








































d. Lampiran foto




































Gelas braille
meja multifungsi

















“decibel” dispenser portable gunting kuku 4 in 1














































































e. Hasil kegiatan.
Setelah menghadiri pameran lomba karya ilmiah tingkat nasional yang diadakan oleh lipi, kami sebagai siswa/I sma al-khairiyah mendapat banyak pengalaman, wawasan, dan memotivasi kami untuk membuat karya-karya yang unik, sederhana, menarik dan bias bermanfaat bagi orang banyak.

III. Penutup
Kami selaku siswa/I sma al-khairiyah mengucapkan trimakasih kepada lipi yang telah mengundang kami untuk menghadiri pemeran lomba karya ilmiah lipi, dan kami juga mengucapkan trima kasih kepada pihak sekolah sma al-khairiyah yang telah memberikan kami izin untuk menghadiri acara tersebut, sehingga kami bisa mendapatkan pangalaman dan wawasan dalam bidang penelitian, semoga kegiatan ini dapat memunculkan ide-ide kreatif bagi siswa/I sma al-khairiyah.

Reactions:

0 comments:

Post a Comment